Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Dukcapil Kotim Siap Lakukan Perekaman di Wilayah Kecamatan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 24 Maret 2022 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) akan melaksanakan jemput bola untuk melayani kepengurusan administrasi kependudukan (adminduk). 

Cara ini dilakukan sebagai langkah dalam melayani masyarakat di wilayah kecamatan yang banyak belum memiliki KTP-e atau belum berdomisili di Kotim. 

"Ada dua kecamatan yang berdasarkan laporan masih ada warga belum masuk data vaksin karena belum memiliki KTP-e, sehingga akan menjadi sasaran kami," ujar Kepala Disdukcapil Kotim, Agus Tripurna Tangkasiang, Kamis, 24 Maret 2022. 

Dua kecamatan itu yakni Mentaya Hilir Selatan dan Pulau Hanaut. Di daerah tersebut capaian vaksinasi Covid-19 rendah, karena NIK tidak terdaftar, sehingga tidak bisa masuk dalam database. 

Oleh sebab itu pihaknya melakukan koordinasi dengan kedua camat. Untuk persiapan kegiatan jemput bola agar masyarakat bisa terlayani dengan baik, dan tidak pelu ke kantor Dinas Dukcapil. 

Sebelumnya Bupati Kotim Halikinnor meminta Dinas Dukcapil untuk turun langsung ke lapangan melakukan jemput bola pengurusan adminduk, terutama di Mentaya Hilir Selatan. 
 

Hal ini dilakukan berkaitan dengan capaian vaksinasi di beberapa kecamatan yang masih rendah. Karena masih ada masyarakat yang belum memiliki KTP-el, sehingga Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) masih mencatat data warga yang telah divaksin secara manual. 

Sehingga data tersebut tidak masuk ke aplikasi di dinas kesehatan, sebab meski telah divaksin namun warga tersebut belum memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).

"Prinsipnya kami siap untuk kegiatan jemput bola ke lapangan, namun sebelumnya akan kami cek dulu data kepemilikan NIK per desa dan per kecamatan," terangnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru