Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Begini Cara Buka Bersama Penuh Faedah ala SDIT Al-Madaniyah Samuda

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 08 April 2022 - 11:11 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Buka bersama merupakan hal biasa saat Ramadan seperti sekarang, namun bagi Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Madaniyah Samuda, Mentaya Hilir Selatan, Kotawaringin Timur kegiatan ini menjadi ajang menguji kemampuan peserta didik. 

Kepala SDIT Al-Madaniyah Samuda, Mutaqin Saufi mengatakan buka puasa bersama ini sudah menjadi agenda rutin pihaknya setiap bulan Ramadan. 

"Salah satu tujuannya untuk mempererat tali silaturahmi dan memperkuat rasa persaudaraan antara sesama teman dan rekan kerja," jelas Saufi, Jumat 8 April 2022.  

Sebelum buka puasa bersama, pihaknya mengisi dengan battle hafalan atau adu hafalan surah dan dai Cilik. Untuk battle hafalan surah diikuti Muhammad Aiman Hauzan  dan Adzkia dari kelas VA dengan Surah Al-Buruj. 

Sedangkan dai cilik diikuti Muhammad Syariffullah dari kelas VA dan Dira Khairunna Latifa Marsudi dari kelas IIIb. Syarifullah dalam tausiahnya menyampaikan tentang hikmah puasa pada bulan Ramadan. 

"Salah satunya untuk menyehatkan badan sesuai hadits nabi yang diriwayatkan Ath Thabrani 'berpuasalah niscaya kalian akan sehat' kata," kata Syarifullaj dalam tausiahnya. 

Sedangkan Dira Khairunna Latifa menyampaikan dalil tentang kewajiban berpuasa di bulan suci Ramadan yaitu surah Al-Baqarah ayat 183. 

"Wahai orang-orang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa," kata Dira mengutip ayat suci Alquran, seraya mengajak teman-temannya agar jangan sampai meninggalkan puasa di Bulan Ramadan. 

Selepas buka bersama dengan takjil yang disediakan, acara dilanjutkan dengan salat magrib berjemaah dan lalu ditutup dengan makan bersama.

Buka bersama ini dilaksanakan SDIT Al-Madaniyah Samuda dengan melibatkan seluruh asatidz dan asatidzah atau pendidik serta  peserta didik kelas IV, V dan VI, hari kedua puasa, Senin (5/4). 

Mutaqin Saufi berterimakasih kepada seluruh pendidik dan orang tua wali murid yang sudah membantu dan kegiatan itu. Dia berharap hal ini dapat dilaksanakan secara istikomah atau konsisten setiap tahunnya. (USAY NOR RAHMAD/B-6)

Berita Terbaru