Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Stok Vaksin di Kotim Dihantui Kedaluwarsa

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 11 April 2022 - 13:51 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketersediaan vaksin di Kotawaringin Timur sampai dengan saat ini masih memadai, namun jika tak segera digunakan bisa-bisa kedaluwarsa. 

“Harapan kami pelaksanaan vaksinasi bisa lancar, supaya stok ini bisa digunakan karena vaksin ini kan juga ada masa expired-nya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kotim, Umar Kaderi, Senin 11 April 2022. 

Masyarakat diminta tak perlu khawatir kekurangan stok vaksin. Di antaranya, stok vaksin Coronavac yang digunakan untuk vaksinasi anak masih tersedia sekitar 13.000 dosis. 

Diketahui, saat Ramadan ini pemerintah terkendala vaksinasi. Terutama untuk vaksinasi anak usia 6-11. Selain itu adanya anggapan atau keraguan masyarakat yang enggan vaksinasi karena takut puasanya batal. 

Dia menambahkan selama Ramadan vaksinasi tetap dilaksanakan. Ini telah diatur dalam surat imbauan bersama tentang panduan ibadah selama Ramadan di masa pandemi Covid-19.

Sementara berdasarkan, fatwa Majelis Ulama Indonesia nomor 13 tahun 2021 tentang hukum vaksinasi Covid-19 saat berpuasa, menyatakan vaksinasi yang dilakukan dengan injeksi intramuskular atau suntik boleh dan tidak membatalkan puasa. 

"Masyarakat tak perlu khawatir dan tetap menjalani vaksinasi selama bulan Ramadan ini," tandasnya. (USAY NOR RAHMAD/B-11)

Berita Terbaru