Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PDAM Muara Teweh Terapkan Tagihan Sistem Billing

  • Oleh Ramadani
  • 09 Agustus 2018 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Muara Teweh sejak 1 Agustus 2018 telah menerapkan tagihan sistem billing. Sistem itu digunakan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta transparansi penggunaan anggaran.

Direktur PDAM Muara Teweh Agus Surjanto, Kamis (9/8/2018), mengatakan bahwa billing sistem dinilai cukup efektif dalam menerapkan tagihan rekening kepada seluruh pelanggan. 

Dengan sistem billing, petugas dilapangan cukup membaca dengan menggunakan aplikasi telepon genggam, begitu meteran air terbaca, biaya pembayaran langsung bisa dilihat.

"Begitu meteran air terbaca sesuai pemakaian, maka angka rupiah dapat dilihat secara otomatis. Dengan menggunakan sistem ini petugas tidak bisa melakukan rekayasa pembayaran. Karena dapat langsung dilihat baik pelanggan maupun petugas PDAM sendiri. Karenanya dengan menggunakan sistem ini dapat menghindari kebocoran keuangan,” kata Agus Surjanto.

Saat ini, lanjut dia, jumlah pelanggan PDAM di Kabupaten Barito Utara ada sekitar 14 ribu sambungan. Sebanyak 9.000 di antaranya berada di Kota Muara Teweh.

Sementara itu, pegawai khusus pencatat meteran air PADM ada lima orang yang terbagi di beberapa wilayah.

Agus Surjanto meminta pelanggan tidak khawatir dengan penerapan sistem billing lantaran pihak PDAM akan terus melakukan perbaikan.

“Selain itu, kita juga melakukan perbaikan sekitar 7.000 meteran pelanggan yang hampir mengalami kerusakan. Meteran yang rusak akan susah terbaca oleh sistem tersebut,” kata dia.

Ia juga menghimbau para pelanggan agar melaporkan setiap ada kerusakan meteran air. Supaya bisa segera ditindaklanjuti oleh petugas PDAM. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru