Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

16 Sekolah di Lamandau Dicanangkan sebagai Sekolah Ramah Anak

  • Oleh Heriyadi
  • 24 Agustus 2018 - 03:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Sebanyak 16 sekolah tingkat SD hingga SLTA di Kabupaten Lamandau dicanangkan menjadi sekolah ramah anak.

Pencanangan sekolah ramah anak itu guna mendukung program pemerintah pusat dalam rangka memberikan pemenuhan kebutuhan hak anak di Bumi Bahaum Bakuba.

"Dari momen peringatan HAN 2018 sebagai acuan untuk kita dalam mewujudkan Kabupaten Lamandau layak anak," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Lamandau Luhut Tampubulon, Kamis (23/8/2018).

Menurutnya, pencanangan sekolah di Kabupaten Lamandau menuju sekolah ramah anak sebagai upaya untuk memenuhi indikator dalam melaksanakan komitmen yang kuat dan dukungan bersama dalam mencapai program tersebut.

Karena, ujar Luhut Tampubulon, beberapa kebijakan program dan kegiatan telah dibuat di seluruh tingkatan wilayah, namun pemenuhan hak anak, dan perlindungan anak masih belum optimal. Tentunya hal ini terlihat dari masih banyaknya anak yang tidak memiliki akta kelahiran.

Selain itu, mudahnya anak mengakses pornografi, masih terbatasnya wadah partisipasi anak, dan kesehatan anak masih banyak masalah. Belum semua anak mendapatkan pendidikan, terbatasnya ruang kreativitas anak, masih banyaknya pekerja anak, dan maraknya kekerasan terhadap anak baik di rumah, jalan, sekolah dan tempat tempat umum lainnya.

Masih banyak anak berkebutuhan khusus yang belum terpenuhi haknya. Semua ini tentunya akan berdampak pada tumbuh kembang anak dan kehidupan mereka pada saat dewasa.

Untuk itu pihaknya bekerjasama dengan Dikbud setempat untuk bisa mendukung pencanangan ini dengan sungguh-sungguh dalam mewujudkan sekolah ramah anak.

Luhut berharap agar seluruh pihak terkait bersama-sama mendorong dan berperan aktif dalam membina forum anak daerah untuk menumbuhkan kepedulian kesadaran setiap individu, keluarga, masyarakat, dunia usaha, hingga pemerintah daerah agar terciptanya lingkungan yang berkualitas dalam perlindungan tumbuh kembang anak. (PP/HERIADI/B-2)

Berita Terbaru