Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Kotim Ambil Sampel Air di Sungai Seranau

  • Oleh Naco
  • 06 September 2018 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur sudah menurunkan tim memgambil sampel air di Sungai Seranau yang mengakibatkan kematian ikan di sejumlah desa di Kecamatan Telawang, Kabupaten Kotim.

"Air itu sedang kita cek di Labkesda Kotim, untuk air ini pengecekannya cukup lama," kata Kepala Dinas Kesehatan Kotim, dr Faisal Novendra Cahyanto, Kamis (6/9/2018) saat di DPRD Kotim.

Pengecekan kondisi air itu, menurut dia, bisa memakan waktu hingga dua pekan. Melalui itu nanti bisa diketahui apa yang terkandung dalam air tersebut.

"Airnya itu memang berminyak, itu yang kita cek apakah akibat limbah perusahaan itu atau seperti apa," tegas Faisal.

Namun demikian, ia mengimbau masyarakat yang biasanya menggunakan air sungai itu tidak menggunakan air sungai sebelum ada hasil cek dari segi kesehatan maupun dari Dinas Lingkungan Hidup.

"Kami himbau agar masyarakat bisa menggunakan air lain untuk kebutuhan sehari-hari. Jangan dulu menggunakan air sungai," pungkasnya.

Hingga saat ini belum diketahui secara pasti apa penyebab kematian ikan di Sungai Seranau Desa Sebabi, Tanah Putih dan Runting Tada. Meski warga maupun sejumlah kalangam DPRD Kotim menuding kematian itu akibat meluapnya limbah sawit PT Sukajadi Sawit Mekar. Apalagi, pasca kejadian itu perusahaan langsung membersihkan sungai itu. (NACO/B-2)

Berita Terbaru