Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Permasalahan Sampah di Dermaga TNTP Diharapkan Selesai Sebelum 7 Okober 2018.

  • Oleh Wahyu Krida
  • 14 September 2018 - 12:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Permasalahan sampah yang menumpuk di sekitar dermaga wisata Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) diharapkan selesai sebelum kedatangan peserta Sail Indonesia 2018 pada 7 Oktober 2018.

"Sampah tersebut berasal dari aktivitas wisata dari kelotok yang membawa wisatawan ke TNTP. Padahal dermaga ini bukan tempat sampah. Agar masalah ini tidak terulang kembali, maka dalam waktu dekat kita akan mengumpulkan semua pihak termasuk asosiasi kepariwistaan untuk mencari solusi agar hal ini tidak terulang lagi," kata Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Eka Mulyaningrum, Jumat (14/9/2018).

Menurut Eka, berdasarkan informasi yang didapatkan di lapangan, sebenarnya sampah tersebut saat dikeluarkan oleh crew kelotok masih dalam kondisi terbungkus plastik dan tidak berserakan.

"Namun karena di sini tidak ada tempat sampah yang representatif, sampah tersebut sepertinya diacak-acak oleh pemulung untuk mencari benda yang kemungkinan bisa digunakan lagi sehingga sampahnya berhamburan," jelas Eka.

Agar masalah ini tidak terulang, ada solusi menarik yang disampaikan oleh pihak DLH Kobar. "Sampah hasil aktivitas wisata tersebut diharapkan tidak lagi ditumpuk disudut dermaga. Namun langsung diangkut oleh masyarakat yang selama ini memang bekerja sebagai pengangkut sampah," terangnya.

Di Kumai ada pihak yang biasa mengangkuti sampah- sampah di lingkungan tempat tinggal masyarakat untuk dibuang ke TPS. "Saya rasa cara ini juga bisa diadopsi oleh pelaku wisata untuk menanggulangi masalah sampah," jelas Kepala DLH Kobar Bambang Djatmiko Trikora. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru