Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kualitas Air Sungai Pengaruhi Nafsu Makan Ikan Keramba

  • Oleh Testi Priscilla
  • 15 September 2018 - 11:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Umum Kelompok Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Provinsi Kalimantan Tengah, Sugianor mengatakan, kualitas air sungai dapat memengaruhi nafsu makan ikan-ikan peliharaan masyarakat di keramba.

"Kita di Palangka Raya ini kan dilewati oleh dua sungai besar, Sungai Kahayan dan Sungai Rungan. Itu, kalau airnya yang mengalir itu dari rungan maka akan berubah menjadi merah. Air merah itu memengaruhi nafsu makan ikan keramba," kata Sugianor, Sabtu (15/9/2018).

Menurutnya, kondisi ini tentu memengaruhi nelayan atau petani keramba di Kota Cantik. Ikan yang kurang mau makan akan menjadi kurang sehat bahkan bisa saja mati.

"Tapi kita susah juga ya. Harus yang di daerah sana yang memperbaiki diri, janganlah membuah rusak alam, mengeksploitasi alam, air sungai kita jadi terkontaminasi," pungkas Politisi PKB Kota Palangka Raya ini.

Petani ikan keramba menurut Sugianor saat ini hanya bisa berusaha memberikan vitamin dan mineral untuk ikan yang kurang makan dengan keadaan ini. (TESTI PRISCILLA/B-2)

Berita Terbaru