Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU Barito Utara Evaluasi Penyelenggaraan Pilkada 2018

  • Oleh Ramadani
  • 02 Oktober 2018 - 00:20 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barito Utara menggelar Rapat Evaluasi Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, Senin (1/10/2018).

Rapat yang berlangsung di Aula Bappeda Litbang itu turut dihadiri Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Ketua KPU Barito Utara David Suisdarto menuturkan, pihaknya menggelar rapat itu untuk mengevaluasi kinerja selama mendapat tugas menyelenggarkaan pilkada 2018. 

Melalui rapat evaluasi akan diketahui kekurangan dan kendala serta hambatan dan tantangan yang terjadi dan dirasakan selama bertugas, baik di tingkat PPK, PPS, maupun KPPS.

David melanjutkan, ada beberapa hal yang dikemukakan menyangkut hambatan rekrutmen, partisipasi masyarakat, dan rekapitulasi. “Hal ini kami bahas supaya tidak terulang dalam pilpres 2019,” sebut David.

Ia menekankan, Kabupaten Barito Utara mendapat sorotan karena partisipasi masyarakat pada pilkada 2018 masuk kategori rendah. Yakni hanya 47%.

“PPK kami harap dapat menjelaskan kenapa terjadi (partisipasi pemilih rendah) dan rekomendasi untuk solusinya,” ujarnya.

Lebih lanjut, David mengutarakan bahwa terkait persoalan rekapitulasi dan distribusi logistik, setiap PPK dapat mempresentasikan kendala serta rekomendasi. Hal itu, bertujuan untuk perbaikan bagi KPU ke depan.

“KPU Barito Utara mengapresiasi kawan-kawan PPS dan KPPS selama penyelenggaraan pilkada. Banyak dinamika terjadi di situ,” ucapnya.

Harapannya, lanjut David, dari hasil evaluasi dirangkum untuk perbaikan. Kemudian, ketika ditemui kasus serupa dapat diambil tindakan. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru