Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Sukamara: Lomba Balita Indonesia Upaya Mencegah Stunting 

  • Oleh Norhasanah
  • 01 November 2018 - 15:12 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Wakil Bupati Sukamara, Ahmadi mengatakan bahwa Lomba Balita Indonesia (LBI) yang dilaksanakan dinas kesehatan merupakan upaya mencegah stunting dalam rangka menuju generasi berprestasi dan sehat.

"Lomba balita Indonesia ini kita cegah stanting untuk menjadikan generasi berprestasi," ucap Ahmadi usai kegiatan, Kamis (1/11/2018).

Menurutnya, untuk dapat mencipatakan generasi berprestasi tersebut, maka diupayakan agar sejak dari kandungan hingga 1.000 hari sejak kelahirannya diberikan asupan gizi yang terpenuhi kepada balita.

"Sejak dari kandungan, asupan gizinya harus cukup dan dibantu oleh orang tua yang benar-benar ibunya yang mengurusnya. Mempersiapkan generasi ini 1.000 hari agar tidak menjadi generasi yang stunting atau cebol, kurang gizi," terangnya.

Ahmadi melanjutkan apabila asupan gizi yang diberikan, maka akan mempengaruhi fisik, mental, emosional dan termasuk Psikologis dan sosial anak akan terganggu.

"Bahkan anakpun tidak bisa membaca, karena ini kukarang sel-sel saraf yang ada didalam otak," tuturnya.

Sementara Plt Kepala Dinkes Sukamara, Chairuddin mengatakan Lomba Balita Indonesia tingkat kabupaten dilaksanakan untuk memotivasi ibu dalam memelihara kesehatan anaknya.

"Tujuan dari lomba LBI ini untuk memotivasi ibu balita dalam pemeliharaan kesehatan anaknya yang lebih baik, tentunya sesuai dengan norma kesehatan," ujarnya. 

Chairuddin berharap memalui kegiatan ini bisa meningkatkan kepedulian keluarga terhadap kesehatan balita serta meningkatkan jumlah balita yang sehat dengan tumbuh kembangnya sesuai dengan usia anak. (NORHASANAH/B-6)

Berita Terbaru