Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Persoalan Kemiskinan Berpengaruh terhadap Peningkatan Angka Kriminalitas

  • Oleh Naco
  • 01 November 2018 - 17:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi I DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Syahbana  mendorong agar persoalan kemiskinan jadi fokus utama pemerintah daerah kedepannya. Mengingat persoalan ini menyebabkan peningkatan angka kriminalitas.

Menurut Syahbana, kemiskinan meningkat cenderung memiliki korelalasi dengan angka kriminalitas. Kriminalitas yang semakin hari meningkat terutama kasus pencurian dan kejahatan narkotika yang salah satunya dikarenakan ekonomi saat ini terus melemah, hal ini memicu tindakan kriminal yang sulit dikendalikan.

Tuntutan ekonomi dikalangan masyarakat mendorong mereka memilih jalan pintas. "Apalagi kita ketahui bersama keadaan ekonomi sebenarnya di masyarakat Kotim ini kian sulit, ini mesti jadi salah satu pemicunya," ujar dia, Kamis (1/11/2018)

Salah satu contohnya  yakni  kasus  pencurian buah kelapa sawit yang selalu menghiasai   kasus di Kotim. Ini dikarenakan tidak ada usaha lain lagi, lahan yang ada semuanya sudah dijadikan lahan untuk perkebunan.  

Secara psikologis, kata dia  faktor kemiskinan sangat berperan dalam tindak kriminal. 

Maka dari itu upaya pengentasan kemiskinan ini hatus difokuskan apalagi itu program pemerintah pusat. Apalagi angka kemiskinan belakangan ini diprediksi meningkat.

Ia juga mengatakan fokus perhatian tidak hanya berkutat kepada urusan infrastruktur tetapi juga bagaimana caranya agar kemiskinan ini bisa teratasi. Penciptaan lapangan pekerjaan adalah hal penting dilakukan oleh jajaran dari pemerintah daerah.

Karena kemiskinan ini menyebabkan perasaan tertekan dan tidak nyaman. Dengan demikian sebagian orang memnyikapi kemiskinan dengan melakukan tindak kriminalitas yang dirasa mampu membuatnya mencukupi kebutuhannya. (NACO/B-5)

Berita Terbaru