Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Surya Paloh: Restorasi Diperlukan Hadapi Arus Transformasi Budaya Masuk dari Luar

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 03 November 2018 - 20:32 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dalam lawatannya ke Kabupaten Kapuas, Surya Paloh saat berpidato kebangsaan mengatakan bahwa restorasi atau gerakan perubahan diperlukan dalam menghadapi arus transformasi budaya masuk dari luar yang bisa menggerus kebudayaan Indonesia.

"Saat kita tidak mampu untuk memperkuat nilai dan sendi budaya yang kita miliki sendiri sebagai Indonesia. Otentiknya Indonesia maka kita akan kehilangan jati diri dan aslinya kita sebagai bangsa Indonesia," ucap Surya Paloh, Sabtu (3/11/2018).

Menurut salah satu tokoh nasional ini pentingnya itu semua diperhatikan dalam menangkal masuknya budaya-budaya dari luar.

"Indonesia bisa menjadi ke amerika-amerika-an, ke barat-baratan, ke arab-aban dan kita tidak mau semuanya itu saudara-saudara. Kita mau Indonesia tetaplah Indonesia," tuturnya.

Dari kemampuan dan potensi yang dimiliki Indonesia, dirinya meminta untuk direnungkan lagi, bagaimana menjalankan cita-cita bangsa selama ini dalam kehidupan sehari-hari.

"Apakah sudah ditanamkan pertanyaan dalam diri kita, terkait apakah kita sudah cukup berhasil di dalam menjalankan amanat cita-cita proklamasi kemerdekaan kita. Ini yang perlu kita lakukan," tegasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru