Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PAD Kotim Meningkat Tapi Belum Signifikan

  • Oleh Naco
  • 22 November 2018 - 16:42 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur, H Supriadi terus mendorong pemerintah daerah untuk menekan semakismal mungkin pendapatan asli daerah (PAD).

Dia meilhat PAD selama ini memang  meningkat tetapi masih belum signifikan dan maksimal digali, padahal daerah ini potensinha luar biasa, namun karena masih ada persoalan tidak bisa dioptimalkan. 

"Makanya di tahun 2019 nanti aa yang jadi persoalan bisa kita selesaikan bersama untuk kemajuan daerah, “kata Supriadi, Kamis (22/11/2018).

Ia mengatakan masih banyak sektor dan peluang pendapatan yang masih belum maksimal digali oleh sejumlah SOPD teknisnya di bawah  Pemkab Kotim.

Perlu diketahui kata dia pada APBD tahun 2019 yang sudah disahkan  pendapatan asli daerah dipatok sebesar Rp 233 miliar .

Pendapatan itu terdiri dari pajak daerah sekitar Rp65 miliar, retribusi daerah Rp15,7 miliar,  hasil pengelolaan kekayaan daerah Rp4,39 miliar dan pendapatan  lain yang sah Rp148,28 miliar.

Dari itu kedepannya pemerintah daerah harus mencari solusi bagiamana agar PAD Kotim ini bisa stabil. Artinya pemerintah harus mencari sumber pendapatan dari sektor yang besar.

Bahkan salah satu sektor yang masih bisa ditingkat yakni pajak dari makan dan minuman sebesar 10 persen. (NACO/B-6)

Berita Terbaru