Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penanggulangan Masalah Kesehatan Perlu Peran Sektor Swasta dan Masyarakat

  • Oleh Ramadani
  • 22 November 2018 - 18:48 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Guna menanggulangi permasalahan kesehatan, perlu diselenggarakan program pembangunan kesehatan oleh pemerintah baik pusat maupun daerah serta dengan melibatkan peran sektor swasta dan masyarakat.

Bupati Barito Utara H Nadalsyah mengatakan, pembangunan di bidang kesehatan tidak dapat dilakukan sendiri oleh aparat pemerintah di sektor kesehatan. Akan tetapi harus dilakukan secara bersama-sama dengan melibatkan lintas sektor dan yang lebih utama adalah peran serta masyarakatnya. 

“Harapan saya juga kepada instansi terkait, agar dapat mendampingi masyarakat desa di wilayah kerjanya masing-masing secara optimal sehingga masyarakat bisa terus hidup sehat sesuai dengan yang kita inginkan bersama,” ungkapnya, Kamis (22/11/2018) pada pencanangan desa bebas buang air besar sembarangan (BABS) di Desa Malungai, Kecamatan Gunung Timang.

Bupati mengharapkan, melalui pencanganan desa bebas BABS,  ke depannya dapat menimbulkan kesadaran kepada masyarakat luas bahwa desanya sudah setop buang air besar sembarangan. 

“Dan mari biasakan melakukan cuci tangan pakai sabun di saat setelah dari wc, setelah membersihkan anak dari BAB, sebelum menghidangkan makanan, sebelum makan dan setelah memegang hewan atau benda-benda kotor lainnya,” harap pria yang akrab disapa Koyem ini.

Sehingga, lanjut dia, diharapkan bisa mendorong atau memicu masyarakat desa lainnya agar bisa termotivasi untuk melakukan perubahan perilaku sehat yaitu salah satunya dengan perilaku tidak buang air besar sembarangan. (RAMADHANI/B-2) 

Berita Terbaru