Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cek Keamanan Sebuah Produk, Manfaatkan Aplikasi Cek BPOM di Ponsel

  • Oleh Wahyu Krida
  • 05 Desember 2018 - 12:56 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Guna mempermudah masyarakat mengecek apakah produk kosmetik, obat dan makanan terdaftar di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) atau untuk mengecek apakah produk tersebut palsu atau tidak, saat ini sudah ada aplikasi smartphone Cek BPOM yang bisa digunakan masyarakat.

Kepala Kantor BPOM Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Kodon Tarigan, Rabu (5/12/2018) menjelaskan bila masyarakat pedagang atau konsumen yang bermaksud membeli sebuah produk.

"Caranya tinggal download aplikasi Cek BPOM tersebut di playstore. Setelah terinstal, masyarakat bisa memasukkan nomor input BPOM yang tertera di produk atau bisa juga dituliskan nama produknya," jelas Kodon.

Setelah itu, lanjutnya, barulah di klik tombol cari produk.

"Tujuan menginputkan nomor pendaftaran BPOM guna mengetahui apakah produk tersebut sudah terdaftar atau tidak. Karena banyak juga produk yang menuliskan nomor pendaftaran palsu pada produknya. Padahal setiap kali produk tersebut diproduksi dengan kualitas skala besar, nomor BPOM produknya juga berubah," jelas Kodon.

Sehingga, lanjutnya, pembeli dan pedagang bisa mengantisipasi agar mereka tidak membeli produk yang belum terdaftar atau bahkan produk palsu.

"Tujuannya agar pedagang tidak mengalami kerugian saat menerima barang dari distributor. Serta pembeli juga mengetahui bahwa produknya sudah aman lantaran terdaftar di BPOM," jelas Kodon. (YD/m)

Berita Terbaru