Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotim Ingatkan Masyarakat Waspada Penyakit Tidak Menular

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 17 Desember 2018 - 21:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Supian Hadi, meminta kepada masyarakat di daerah ini agar selalu waspada terhadap penyakit tidak menular.

"Saat ini penyakit tidak menular cukup banyak diderita masyarakat, itu harus diwaspadai dan diantisipasi," kata Supian Hadi, Senin (17/12/2018).

Penyakit tidak menular itu seperti diabetes melitus atau dikenal dengan kencing manis, stroke, tekanan darah tinggi, jantung, kanker, dan lainnya.

Berdasarkan data WHO, proporsi diabetes melitus pada penduduk usia 15 tahun meningkat. Dari 5,7% pada 2007 menjadi 6,9% 2013. Sedangkan prevalensi stroke juga meningkat dari 0,83% 2007, menjadi 1,21% pada 2013.

Peningkatan penyakit tidak menular ini menyebabkan perubahan tren kematian di Indonesia.

Faktor risiko kekurangan gizi pada usia dini, obesitas, stres, kurangnya aktivitas fisik, prilaku merokok, dan pola makan yang tidak seimbang berkontribusi pada peningkatan kasus penyakit tidak menular tersebut.

"Masyarakat harus bisa melaksanakan dan menjalankan pola hidup sehat. Kurangi aktivitas ataupun makanan yang bisa berdampak pada munculnya penyakit tersebut," ungkap Supian.

Dia juga mengajak warga untuk terus rajin berolahraga. Sehingga nantinya bisa lebih bugar dan sehat. (MUHAMMAD HAMIM/B-11) 

Berita Terbaru