Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Keberagaman Masyarakat Harus Dipertahankan dan Dikembangkan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 26 Desember 2018 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pelaksana tugas (Plt) Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kotawaringin Timur (Kotim) Nur Aswan mengungkapkan, Indonesia memiliki keberagaman berbagai suku, agama, ras, bahasa serta budaya. Hal itu menunjukkan bahwa negara ini memiliki bangsa yang besar dan mempunyai kekuatan budaya yang dapat dapat mewarnai peradapan dunia. 

Sehingga keberagaman tersebut harus dipertahankan dan dikelola dengan baik, baik itu oleh pemerintahan maupun masyarakat yang ada di Kotim ini khususnya. 

"Keberagaman harus dipertahankan dengan cara mengembangkan nilai kebangsaan yang berlandaskan empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara," ujar Aswan saat menyampaikan sambutan pada sosialisasi pendidikan wawasan kebangsaan, Rabu (26/12/2018). 

Empat pilar yang menjadi landasan tersebut yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan bhineka tunggal ika. Dengan adanya hal itu, tentunya diharapkan dapat memperkokoh eksistensi sebagai bangsa yang kuat, bersatu, dan selalu cinta Tanah Air. 

"Keberagaman tersebut juga merupakan bagian penting dari kerukunan nasional yang akan memperkokoh integrasi bangsa," kata Aswan. 

Dirinya juga mengatakan, masyarakat harus memahani rasa kebangsaan dengan baik serta kebersamaan dalam menghadapi tantangan. Terutama tantangan sejarah masa kini dan masa yang akan datang. Dan yang terpenting bisa mengembangkan perilaku sebagai bangsa yang meyakini nilai budaya, yang berujung pada terbentuknya karakter bangsa. (MUHAMMAD HAMIM/B-2) 

Berita Terbaru