Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cegah Terserang Sakit Batuk Perlu Diketahui Pemicunya

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 08 Mei 2024 - 20:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Promkes RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, Kalteng kembali memberikan penyuluhan kesehatan tentang mengatasi sakit batuk di rumah lewat radio siaran pemerintah daerah.

Edukasi kesehatan dari narasumber yakni, dr. Erny Indrawati, selaku Ketua Pokja Komunikasi dan Edukasi (KE) didampingi, Popo Subroto selaku Koordinator Unit Promkes.

Dijelaskannya, cara mencegah supaya tidak batuk dengan mengetahui penyebabnya. Sebagai tindakan pertama perlu untuk memperhatikan apakah penyebab batuk dapat dihilangkan.

"Sebagai contoh batuk kronis yang disebabkan oleh asap rokok, maka untuk menghentikan batuk harus berhenti merokok atau menghindari asap rokok orang lain," kata dr Erny, Rabu, 8 Mei 2024.

Lalu, untuk batuk asma yang disebabkan alergi, perlu dicari tahu penyebab alerginya, misalnya debu rumah, serbuk sari bunga, atau bulu hewan, untuk kemudian menghindari kontak dengan unsur-unsur tersebut. 

"Batuk karena infeksi virus, pada umumnya akan hilang dengan sendirinya dalam waktu sekitar 1 minggu apabila infeksi sembuh," ucapnya.

Batuk dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu batuk produktif (berdahak) dan batuk non produktif (batuk kering). 

"Penyebab batuk ada beberapa faktor yang dapat memicu timbulnya batuk, antara lain proses radang, yang dapat disebabkan oleh infeksi mikroorganisme (virus, bakteri), zat-zat yang dapat menimbulkan reaksi alergi, pada pasien asma, udara yang sangat dingin atau panas, bahan-bahan kimia yang terhirup, asap rokok, gas buangan knalpot mobil," tuturnya 

Tertelan/ tersedak benda asing, dan obat-obatan, salah satunya adalah obat tekenan darah tinggi captopril, lisinopril, batuk akan hilang bila obat dihentikan dan diganti dengan jenis yang lain. 

"Harapannya ini dapat menjadi perhatian bagi masyarakat agar bisa meminimalisir terserang sakit batuk dengan mengetahui penyebabnya, jadi dapat dicegah," pungkasnya. (DODI/H)

Berita Terbaru