Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Bartim Gelar Musrembang RPJMD 2018-2023

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 16 Januari 2019 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang– Pemerintah Kabupaten Barito Timur menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di GPU Mantawara, Rabu (16/1/2019).

Musrenbang dibuka Wakil Bupati Habib Said Abdul Saleh dan dihadiri Sekda Bartim Eskop, para kepala SOPD, serta Kepala Bappeda Provinsi Kalteng Yuren S Bahat.

Wakil Bupati dalam sambutannya mengatakan, Musrenbang RPJMD merupakan tahapan yang strategis. Karena sebagai bentuk implementasi pendekatan partisipatif dalam penyusunan perencanaan pembangunan daerah.

Konteksnya adalah dapat memberikan kesempatan kepada seluruh pemangku kepentingan untuk menyampaikan saran dan masukan sebagai bahan penyempurnaan rancangan RPJMD menjadi rancangan akhir.

“Musrenbang ini merupakan tahapan pertengahan dari seluruh tahapan yang ada. Setelah ini, tahapan berikutnya adalah penyusunan rancangan akhir RPJMD beserta rancangan perdanya untuk disampaikan dan dibahas bersama DPRD,” katanya.

Wakil Bupati berharap, musrembang kali ini mampu menghasilkan kesepakatan sebagai target dan indikator program kegiatan berdasarkan data yang ada.

Ia juga mengingatkan bahwa kesejahteraan masyarakat, peningkatan daya saing daerah, serta pengentasan kemiskinan tetap menjadi fokus utama pemerintah.

“Untuk itu, kepala SOPD dapat berpikir cerdas, inovatif, dan kreatif. Kita harus melakukan lompatan-lompatan agar target pembangunan selama lima tahun ke depan tercapai,” pintanya.

Melalui musrembang juga diharapkan muncul beberapa catatan penting, wujud proses perencanaan partisipatif dan bersifat bottop up dengan output yang terukur serta mempertimbangkan berbagai aspek. Terutama dari sisi pembiayaan. Sehingga nantinya didapatkan pagu pembiayaan terhadap program prioritas yang realistis.

“Masukan dari pemangku kepentingan ini merupakan masukan yang berharga untuk melakukan perbaikan dan penyempurnaan kinerja dalam pelaksanaan kegiatan pemerintahan," pungkasnya. (Prasojo Eko/B-3)

Berita Terbaru