Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Getah Karet di Kasongan masih Anjlok

  • Oleh Abdul Gofur
  • 30 Januari 2019 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Pengepul getah karet di Kasongan Kabupaten Katingan mengakui jika sejauh ini harga getah masih murah.

Biasanya pengepul di Kasongan dan sekitarnya mengirim atau menjual getah karet yang dibeli dari petani langsung ke pabrik getah karet yang ada di Jalan Tjilik Riwut Km45 Palangka Raya.

Selain itu juga kadang menjual hingga ke pabrik karet yang ada di Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan.

"Biasanya kalau sudah ada empat sampai lima ton baru kita kirim ke pabrik," tutur Dilan, salah seorang pengepul getah karet di Kasongan, Rabu (30/1/2019).

Menurutnya, selain membeli getah di wilayah Kasongan dan sekitarnya, ia juga membeli getah karet kepada petani di wilayah Pendahara dan sekitarnya hingga ke wilayah Kecamatan Pulau Malan.  

Ia mengaku membeli getah karet kepada petani dengan kisaran harga Rp6.000 per kilogram. Namun ia juga mematok harga lebih murah. "Kita menyesuaikan kualitasnya, kalau getahnya bagus kita hargai Rp6.000 per kilogram, tapi kalau kurang bagus kurang dari itu," akunya.

Menurutnya, getah hasil pembelian dari petani itu tidak langsung dijual ke pabrik, namun lebih dulu dikeringkan untuk mengurangi kadar air. "Harapan kita juga sama dengan petani harga getah karet ini bisa kembali normal seperti beberapa waktu lalu yang mencapai lebih dari Rp10 ribu per kilogram," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-2)

Berita Terbaru