Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD Imbau Usulan Musrenbang Tidak Didominasi Faktor Kemauan

  • Oleh James Donny
  • 07 Februari 2019 - 22:16 WIB

BORNEONEWS,  Pulang Pisau- Anggota DPRD Kabupaten Pulang Pisau Edvin Mandala berharap, usulan dalam musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang)  tidak didominasi karena faktor kemauan.

"Kalau karena faktor kemauan, itu tidak objektif dan azas manfaatnya tidak jelas," ujar politisi Partai Gerindra ini,  Kamis (7/2/2019) . 

Ia menyarankan, usulan dalam musrenbang dapat mengerucut karena anggaran yang terbatas. "Filternya adalah aspek mendesak dan karena kebutuhan,"  ujarnya. 

Selama ini, menurutnya, hasil usulan dalam musrenbang sebagian subjektif dan sebagiannya lagi objektif. "Bahkan faktor kemauan lebih dominan padahal azas manfaat kurang," imbuhnya.

Edvin mengatakan, tidak menginginkan pembangunan yang direalisasikan adalah pembangunan yang tidak ada manfaatnya bagi masyarakat banyak. Dan hanya untuk kepentingan dari pihak-pihak tertentu.

"Misalkan usulan pembangunan boks dan peningkatan jalan dilakukan karena ada tanah kepala desa atau camat, sedangkan manusianya atau kebun masyarakat tidak ada di jalan itu," ujar Edvin yang juga menjabat sebagai Ketua DAD Pulang Pisau. 

Menurutnya, pembangunan harus memikirkan manfaat untuk semua masyarakat sehingga ada manfaat efektivitasnya. (JAMES DONNY/B-3)

Berita Terbaru