Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kelola Sampah Dengan Baik Agar Bermanfaat

  • Oleh Ramadani
  • 21 Februari 2019 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Bupati Barito Utara Nadalsyah setelah menghadiri Program Gerakan Indonesia Bersih yang bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional, di Jakarta, Kamis (21/2/2019), berharap masyarakat dapat mengelola sampah dengan baik.

Menurutnya, sampah bukan merupakan aset bagi pemerintah melainkan beban. Tapi bila dialokasikan anggaran dan dikelola dengan tepat dan baik, dapat memberikan manfaat yang banyak.

“Sampah bisa dijadikan pembangkit listrik, campuran aspal, kerajinan, dan masih banyak lagi,” kata Nadalsyah.

Selain itu, sampah juga dapat menghasilkan uang. Di mana pemerintah daerah telah menyediakan bank sampah yang dapat dikelola masyarakat. Sehingga masyarakat bisa menukar sampahnya untuk dijadikan uang.

Namun, kata dia, sampah yang akan ditukar ke bank sampah harus dipilah terlebih dahulu sesuai kelompoknya. Seperti sampah basah, kering, dan sebagainya.

Bila masyarakat sadar akan pentingnya lingkungan hidup yang sehat serta manfaat sampah, tentu akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. “Selain itu juga, membantu  pemerintah daerah dalam meraih piala Adipura," tuturnya. (RAMAHANI/B-3)

Berita Terbaru