Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Luapan Air Sungai Katingan Bergerak ke Hilir

  • Oleh Abdul Gofur
  • 25 Februari 2019 - 23:02 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Luapan air Sungai Katingan yang menggenangi dua desa di wilayah Kecamatan Katingan Tengah, sejak Senin (25/2/2019) pagi kini meluas.

Dari pantauan borneonews.co.id, air Sungai Katingan di wilayah Kasongan dan sekitarnya kini juga meluap di sejumlah tempat, terutama daratan rendah. Misalnya sekitar Jembatan Sei Katingan. 

Air Sungai Katingan di wilayah ini bahkan mulai merendam sebagian Taman Religi bawah jembatan. Namun hingga sore tadi belum ada rumah warga di Kasongan yang dilaporkan terendam banjir akibat banjir kiriman dari wilayah hulu itu.

"Air Sungai Katingan bergerak cepat ke wilayah hilir, setelah wilayah Tumbang Samba kini daerah hilirnya gantian meluap, seperti Buntut Bali, Pendahara dan Kasongan," kata Rio, warga Kasongan.

Kepala BPBD Kabupaten Katingan, Icing membenarkan banjir kiriman dari bagian hulu atau Utara Katingan saat ini terus bergerak ke wilayah hilir atau Selatan.

Biasanya, kata Icing, wilayah Kecamatan Tasik Payawan dan Kamipang merupakan daerah paling lama digenangi banjir luapan Sungai Katingan.

Pasalnya, di wilayah kadang sering terjadi pasang, yakni air laut dari wilayah Pantai Pagatan menuju bagian hulu. Sehingga arus air dari bagian hulu tertahan di wilayah tersebut. Akibatnya genangan air di wilayah ini lebih lama dibanding daerah bagian hulu. (ABDUL GOFUR/B-2)


TAGS:

Berita Terbaru