Festival Habaring Hurung Salah Satu Upaya Tarik Minat Wisatawan ke Kotim

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 08 Maret 2019 - 11:06 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kotawaringin Timur (Kotim) akan menggelar Festival Budaya Habaring Hurung pada 9 Maret 2019 mendatang. Kegiatan tersebut sebagai upaya untuk menarik minat wisatawan untuk datang ke daerah ini.

"Festival Budaya Habaring Hurung adalah upaya kami untuk mendatangkan wisatawan ke Kotim," ujar Kadisbudpar Kotim Fajrurrahman, Jumat (8/3/2019).

Saat ini, pemerintah Kotim terus gencar menjadikan daerah sebagai kota tujuan wisata. Upaya itu salah satunya dengan mengadakan sejumlah kegiatan budaya, yang bertujuan agar wisatawan semakin berminat datang ke daerah ini.

Apalagi pada kegiatan tersebut, semua yang dilombakan adalah budaya lokal. Dan itu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

"Salah satu yang bisa menarik wisatawan adalah adanya budaya lokal yang sangat jarang dan tidak ada di daerah lain. Sehingga ini yang kami harapkan," kata Fajrurrahman.

Sementara itu, pada Festival Budaya Habaring Hurung ada 17 cabang lomba, yakni manyipet, manetek kayu, bagasing, balogo, karungut, sepak sawut, besei kambe, mengaruhi, dayung, tari pedalaman, tari pesisir, masakan khas daerah, malamang, magenta, dan lawang sakepeng. 

"Semua yang ada di dalam lomba tersebut merupakan kebudayaan daerah Kalteng. Dan ini sudah patut dilestarikan dan menjadi budaya bagi kita semua," ungkap Fajrurrahman. (MUHAMMAD HAMIM/B-2) 

Berita Terbaru