Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Diminta Selektif soal Tenaga Kerja Asing

  • Oleh Naco
  • 25 Maret 2019 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi III DPRD Kotawaringin Timur, Sutik meminta Tenaga Kerja Asing (TKA) di Indonesia harus terkendali dan diawasi secara ketat. Bahkan setiap perusahaan perkebunan yang kerap membawa TKA ini harus jadi catatan pemerintah daerah setempat.

Pemerintah daerah kata dia harus selektif melakukan pemberian izin mempekerjakan TKA dan melakukan pengawasan yang sangat ketat agar perusahaan mematuhi peraturan perundangan yang berlaku.

Politisi Partai Gerindra ini mengingatkan jangan dengan kehadiran pekerja asing ini merusak tatanan moral generasi muda. Sebab, secara budaya dan agama antara pekerja asing dan pekerja lokal sudah berbeda.

"Jangan sampai budaya setempat terpengaruh oleh budaya mereka dari luar tersebut, Senin (25/3/2019).

Ia meminta kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsnakertrans) untuk melakukan pendataan secara akurat terhadap jumlah tenaga kerja asing di daerah ini.

Kemudian Sutik juga mendorong agar perusahaan yang berinvestasi di Kotim jangan alergi dengan tenaga kerja lokal. Karena perusahaan skala besar harus memaksimalkan keberadaan tenaga lokal untuk bekerja di perusahana tersebut.

“Salah satu tujuan Kotim membuka diri dengan investasi untuk masyrakatnya bisa mendapatkan pekerjaan yang layak, karena itu jangan sampai warga kita yang melamar ditolak tanpa alasan jelas," tandasnya.(NACO/B-5)

Berita Terbaru