Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengutamaan Bahasa Indonesia Harus Terus Diperjuangkan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 31 Maret 2019 - 17:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pengutamaan Bahasa Indonesia, menurut Kepala Balai Bahasa Kalimantan Tengah, I Wayan Tama, harus terus diperjuangkan.

"Upaya untuk mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik harus terus kita perjuangkan dengan keterlibatan banyak pihak," kata Wayan, Minggu (31/3/2019).

Menurutnya, pemerintahan Indonesia cukup bangga karena sudah ada pemerintah daerah, seperti DKI yang sudah berani dan tegas untuk mengindonesiakan istilah asing di ruang publik.

"Sebagai contoh, Mass Rapid Transportation, sudah diindonesiakan menjadi Moda Raya Terpadu. Kita harus bisa dan bangga mengutamakan bahasa Indonesia di negeri sendiri. Tinggal Kalteng, mau bagaimana," terang Wayan.

Sekolah-sekolah menurutnya sudah diberikan kesempatan untuk melakukan pembiasaan berliterasi sesuai kondisi yang dimiliki.

"Salah satunya melalui kegiatan membaca 15 menit sebelum kegiatan PBM. Akan kita pertimbangkan untuk menambah kewajiban siswa menambah waktu membaca agar lebih lama, misalnya dua jam sehari," bebernya. (TESTI PRISCILLA/B-2)

Berita Terbaru