Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rencana Pembangunan Jalan Wilayah Hilir Katingan Terus Dimatangkan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 09 Mei 2024 - 09:45 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Rencana pembangunan ruas jalan ke wilayah Selatan atau Hilir Kabupaten Katingan terus dimatangkan.

Bahkan Penjabat atau Pj Bupati Katingan Saiful memimpin rapat koordinasi rencana pelaksanaan kewajiban dan tindak lanjut pembangunan trase Jalan PPKH Kereng Pakahi - Kampung Melayu, Rabu. 8 Nei 2024.

Acara yang digelar di ruang rapat bupati ini dihadiri sejumlah kepala OPD, di antaranya Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Yobby Sandra dan Kepala Dinas PUPR, Christian Rain.

Selain itu rapat dihadiri perwakilan PT Peak, PT Arjuna, Camat Kamipang, Camat Mendawai serta beberapa kepala desa dari dua kecamatan tersebut.

Pj Bupati Katingan, Saiful mengatakan,  trase jalan merupakan rute atau jalur yang dirancang untuk konstruksi jalan baru atau perluasan jalan yang ada. Persiapan untuk pembangunan trase jalan melibatkan serangkaian langkah penting yang harus dilakukan sebelum konstruksi dimulai. 

Langkah-langkah tersebut mencakup studi kelayakan, pemilihan trase yang tepat, perizinan dan regulasi, pengadaan lahan, desain teknis, evaluasi finansial, pembebasan lahan, dan persiapan konstruksi. 

Dengan melakukan persiapan yang matang dan menyeluruh, proyek pembangunan jalan dapat berjalan lebih lancar dan efisien, serta mengurangi kemungkinan masalah selama konstruksi dan operasional jalan tersebut.

Penjabat Bupati Katingan, Saiful mengatakan, Kementerian Lingkungan Hidup telah mengeluarkan Surat Persetujuan Pinjam Pakai (PPKH), persetujuan penggunaan kawasan hutan yang mana peruntukan dari persetujuan penggunaan kawasan hutan tersebut adalah sesuai dengan harapan yaitu terwujudnya jalan tembus yang menghubungkan Kasongan secara keseluruhan dengan kawasan yang pada saat sekarang ini masih terisolasi, yaitu daerah sebagian Kecamatan Kamipang kemudian Kecamatan Mendawai dan Katingan Kuala.

"Kita telah berkoordinasi dengan pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan mereka berharap apa yang mereka berikan melalui persetujuan penggunaan kawasan hutan ini adalah sesuatu yang tidak sia-sia serta mereka berharap kita bergerak dengan cepat untuk mewujudkan apa yang menjadi impian kita bersama," kata Pj Bupati Katingan, Saiful.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Yobby melaporkan proses yang sudah berjalan sampai saat ini yaitu sudah terbitnya SK PPKH yang menjadi langkah awal untuk pembuatan tata batas areal PPKH yang kemudian akan dibangun jalan sepanjang 14,86 Km dari Kereng Pakahi Kecamatan Kamipang menuju Kampung Melayu Kecamatan Mendawai. (ABDUL GOFUR/H)

Berita Terbaru