Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kearsipan Penting untuk Bukti Pertanggungjawaban Kegiatan

  • Oleh Uriutu
  • 02 April 2019 - 15:40 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Kearsipan atau arsip sangat penting sebagai bukti pertanggungjawaban kegiatan. Demikian disampaikan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Barito Selatan Hidayaturrahman kepada Borneonews, Selasa (2/4/2019).

“Arsip bermanfaat sebagai bukti pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan, baik dana bersumber dari APBN maupun APBD,” ujar Hidayaturrahman.

Ia melanjutkan, arsip juga sebagai penunjang kelancaran pelaksanaan tugas pokok pimpinan. Untuk itu, perlu dilakukan pengendalian, penyusunan pola klasifikasi dengan memperhatikan keamanan dan kerahasiaan arsip.

Arsip juga sebagai naskah dinas yang dibuat dan diterima oleh pimpinan unit kerja. Dan merupakan bagian dari pelaksanaan kegiatan pemerintah.

“Hal itu bertujuan untuk menyediakan data dan informasi cepat dan tepat bagi yang memerlukan,” beber dia.

Menurutnya, arsip merupakan seluruh rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dimuat dan diterima lembaga negara, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, ormas, serta perorangan.

Ia mengakui, kondisi arsip saat ini masih dianggap sesuatu yang kurang penting dan jarang diminta. Penyebabnya, pemahaman tentang arsip belum tepat dan tidak dikelola sesuai kaidah kearsipan. (URIUTU DJAPER/B-3)

Berita Terbaru