Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Data Sementara Perpindahan Pemilih Kota Cantik Capai 2 Ribu Orang 

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 10 April 2019 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) yang berpindah memilih ke Kota Palangka Raya pada pemilu 2019 cukup tinggi.

Dari data sementara yang dihimpun Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya jumlah yang masuk mencapai 2 ribu lebih pemilih. 

“Total DPTb yang berpindah ke sini (Palangka Raya) belum direkap. Tetapi data terakhir sudah mencapai 2000 lebih,” kata Sekertaris KPU Kota Palangka Raya, Saiful di kantornya, Rabu (10/4/2019).

Ia mengakui, berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) hanya ada empat tipe pemilih yang bisa berpindah di masa DPTb tambahan.

Mulai dari pemilih yang sedang menderita sakit yang harus dilampirkan surat keterangan dari fasilitas kesehatan. Kemudian untuk pemilih yang  daerahnya terkena bencana alam.

Selain itu juga untuk pemilih yang pada hari pemilihan sedang menjalankan tugas di tempat lain, dengan syarat melampirkan surat keterangan dari atasan jika dia masih harus bekerja saat pemilihan.

“Terakhir mereka yang saat ini sedang terjerat hukum dan tidak bisa kemana-mana. Sore ini terakhir untuk pengurusan DPTb,” tuturnya. (HERMAWAN DP/B-2)

Berita Terbaru