Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD Kotim Latih Anak-anak TK Penyelamatan Diri saat Bencana

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 26 April 2019 - 14:36 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dalam rangka memeringati Hari Kesiap-siagaan Nasional, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotawaringin Timur (Kotim), memberikan pelatihan penyelamatan diri kepada sejumlah anak Taman Kanak-Kanak (TK) beserta guru. 

"Kegiatan ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Di Kotim, kami melaksanakan simulasi penyelamatan diri untuk anak-anak TK di Sampit," kata Kepala Pelaksana BPBD Kotim M Yusup, Jumat (26/4/2019). 

Hal tersebut dilakukan dengan maksud agar anak-anak dapat mengetahui cara menyelamatkan diri jika terjadi becana. Seperti banjir, kebakaran, tanah longsor, dan angin puting-beliung. 

"Dengan pelatihan ini, kami harap anak-anak bisa menyelamatkan diri jika terjadi bencana," kata Yusup. 

Simulasi kebakaran lahan diawali dengan adegan proses belajar-mengajar di sekolah. Tiba-tiba terjadi musibah kebakaran lahan yang cukup besar, tepat di samping lingkungan sekolah. 

Informasi itu pun langsung direspon guru, yang kemudian mengevakuasi siswa ke tempat aman dan jauh dari sumber api. Sembari menghubungi petugas pemadam kebakaran setempat. 

Petugas yang tiba di lokasi dengan sigap berupaya memadamkan api dengan peralatan yang dimiliki. Termasuk penyelamatan terhadap korban, hingga memadamkan api tersebut. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru