Harga Bawang di Katingan masih Mahal

  • Oleh Abdul Gofur
  • 16 Mei 2019 - 00:28 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Harga bawang, baik putih maupun merah di Kasongan Kabupaten Katingan hingga mendekati Hari Raya Idul Fitri masih dijual pedagang dengan harga mahal, yakni Rp 50 ribu per kilogram.

Dari pantauan, Rabu, 15 Mei 2019 di Pasar Kasongan, sejumlah pedagang masih menjual bawang merah dan putih ini dengan harga sama yakni Rp 50 ribu per kg. Harga ini masih relatif sama dengan awal puasa kemarin, yaitu juga Rp 50 ribu per kg.

Surya, salah seorang pemilik toko sembako di Pasar Kasongan mengakui jika saat ini harga bawang putih maupun merah mahal.

"Dari distributor bawang sudah naik duluan, makanya kami juga harus menyesuaikan harga," katanya.

Menurut Surya, dalam dua pekan terakhir ini kenaikan harga bawang adalah yang paling mencolok di bandingkan dengan harga sejumlah kebutuhan pokok lainnya. 

Pasalnya, sebulan lalu harga bawang merah dan putih ini masih dijual Rp 30 hingga Rp 35 ribu per kg. Namun menjelang puasa harganya naik menjadi Rp 45 ribu per kg, dan kini harganya sudah naik lagi menjadi Rp 50 ribu per kg.

Gula pasir juga mengalami kenaikan dari Rp 13 ribu per kg, kini menjadi Rp 16 ribu per kg atau mengalami kenaikan sebesar Rp 3 ribu per kg.

Namun meski harganya tergolong mahal, akan tetapi untuk stok bawang sendiri baik putih maupun merah masih tersedia cukup. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru