Kodim 1011 Kuala Kapuas Manfaatkan Lahan Sekitar Markas Tanam Sayuran Sistem Demplot

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 16 Mei 2019 - 16:32 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Jajaran Kodim 1011 Kuala Kapuas memanfaatkan lahan sekitar markas untuk menanam sayuran dengan sistem demonstrasi plot atau demplot polybag, bahkan kini telah membuahkan hasil.

Media tanaman dalam polybag yang tertata rapi di belakang Makodim melalui program hijaukan perkantoran dengan tanaman di polybag. 

Dandim 1011 Kuala Kapuas Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono mengatakan pihaknya sudah memanen hasil tanaman sayur tersebut berupa cabai, tomat, dan terong perdana di lahan tersebut.

"Meski baru kali pertama dibuat, jika produksi tanaman melalui demplot bisa dimaksimalkan, akan membawa keuntungan tersendiri dan ini bisa jadi contoh bagi para petani," ucap Letkol Kav Bambang, Kamis, 16 Mei 2019.

Dia menjelaskan itu bisa memberikan kesejahteraan bagi petani, karena dari hasil di Makodim ini mampu menghasilkan per batang yang dipetik sebanyak 15-25 buah cabai warna merah. 

Sedangkan yang masih hijau dibiarkan di batang dan dipanen di waktu berikutnya. 

"Melalui ini diharapkan menjadi contoh pemanfaatan Iahan saat musim kemarau tiba. Sebab, sawah biasanya tidak dimanfaatkan karena minimnya suplai air," katanya.

Untuk itulah dirinya berharap kegiatan positif ini dapat memberikan contoh bagi warga dimana walaupun lahan minim, tetap bisa dimanfaatkan dengan baik. "Sehingga bisa memberikan hasil melalui tanaman sayur," tandasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru