Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lulusan SMP Bisa Lanjut ke SMK Jika Tidak Ada Kuliah

  • Oleh Naco
  • 18 Mei 2019 - 10:52 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi III DPRD Kotawaringin Timur, Sarjono  mendorong agar siswa lulusan SMP yang tidak ada rencana untuk ke perguruan tinggi atau kuliah bisa masuk ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Dari itu, kata dia, sekarang ini bagaimana upaya untuk memberikan keterampilan dan pelatihan kepada mereka yang tidak ke perguruan tinggi sehingga mampu mengisi sektor pekerjaan di Kotawaringin Timur.

"Kita ingin sektor pekerjaan ini bisa diisi oleh orang lokal dulu, sebab kompetensi sudah mumpuni, kalau memang  tidak ada niat ke perguruan tinggi, tidak salah jika memilih sekolah kejuruan. Namun apabila ada perencanaan lain juga tidak salah ke SMA," kata dia, Sabtu, 18 Mei 2019. 

Menurut Sarjono, melalui SMK akan melahirkan pemuda yang siap terjun ke dunia kerja yang dibekali berbagai keterampilan dan itu wajib dilakukan di satuan pendidikan tersebut.

Untuk menghadapi kondisi dan persaingan saat ini harus diperkuat SDM berupa kecakapan dan keterampilan. Karena itu tidak salah jika masuk ke SMK.

Sarjono menegaskan, jika saat ini kebutuhan dunia kerja sangat tinggi, para pemuda yang ada ini jika tidak dipersiapkan ketrampilannya, setelah lulus dari jenjang sekolah menengah akan menjadi pengangguran. 

"Begitu juga dengan sekolahnya masing-masing harus memberikan pemahaman. Panduan untuk memilih SMK atau SMA menjadi hal yang sangat diperlukan. Dua jenjang pendidikan itu sama-sama memiliki kelemahan dan kelebihan," tandasnya.

Namun perlu diketahui, kata dia, pengembangan SMK sesuai dengan arah kebijakan nasional untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia. Kebijakan ini juga harus didukung pemerintah daerah demi peningkatan taraf hidup masyarakat. (NACO/B-2)

Berita Terbaru