Sekolah di Tumbang Samba Diliburkan akibat Banjir

  • Oleh Abdul Gofur
  • 21 Mei 2019 - 11:12 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sebagian besar siswa sekolah di Tumbang Samba Ibu kota Kecamatan Katingan Tengah diliburkan akibat banjir.

Banjir di Tumbang Samba ini terjadi sejak Selasa, 21 Mei 2019 dinihari tadi. Penyebabnya wilayah ini sebelumnya dihuyur hujan lebat selama lebih dari 8 jam.

Akibatnya Sungai Katingan meluap, juga beberapa anak sungai lainnya.

Dari informasi yang dihimpun, selain Kantor Kecamatan Katingan Tengah yang kebanjiran, sejumlah fasilitas umum seperti jalan juga tergenang banjir.

Sebagian sekolah yang diliburkan karena tergenang banjit, yakni SMA Muhammadiyah, SMK Muhammadiyah, SMP Muhammadiyah, SDN 2 Samba Danum, dan SDN 1 Samba Danum.

Dari informasi yang diperoleh, banjir di Tumbang Samba ini diduga gara-gara ada perusahaan yang tengah mengerjakan jalan di wilayah itu membendung Sungai Jayau selebar 16 meter. Akibatnya air meluap di sejumlah permukiman warga.

Saat dikonfirmasi Camat Katingan Tengah Hariawan meminta masyarakatnya untuk menghindari informasi yang tidak jelas. Apalagi menyudutkan salah satu pihak.

"Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan serta terganggunya harmonsasi kehidupan bermasyarakat di Tumbang Samba, saat ini Kades Samba Danum Jhon Meteo dan staf Kecamatan Katingan Tengah sedang berada di TKP yang dicurigai mengakibatkan aliran sungai terhambat," tegas Hariawan.

Hasilnya, kata Hariawan, akan disampaikan kemudian. (ABDUL GOFUR/B-5)


TAGS:

Berita Terbaru