Wali Kota Pastikan Tim Satgas Tindak Tegas Pedagang Elpiji Nakal

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 30 Mei 2019 - 11:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin menjamin tim Satuan Tugas atau Satgas Mafia Pangan akan melakukan peninadakan terhadap pedagang elpiji subsidi yang bermain nakal.

“Tim satgas pangan pastinya menindak tegas oknum penjual nakal. Mulai dari eceran, pangkalan sampai agen yang disinyalir memainkan harga elpiji bersubisidi,” kata Fairid, Kamis, 30 Mei 2019.

Ia mengatakan, untuk sanksi tersebut berupa sanksi administrasi. Mulai dari surat peringatan dampai akhirnya nanti dicabutnya perizinan.  

“Ini harus ketat, gas subsidi 3kg sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang kurang mampu,” sebut wali kota kelahiran 28 Agustus 1985 ini.

Dia mengatakan saat melakukan pemantauan sering menumukan gas elpiji yang dijual melebihi harga HET. Contohnya di kawasan Pasar Kahayan yang menjual gas elpiji sampai diangka Rp25 ribu sampai Rp35 ribu.

“Berdasarkan aturan, untuk Harga Eceran Tertinggi (HET) bagi elpiji 3 kilogram ini hanya  Rp 17.500. Namun, dari temuan ditingkat eceran, kami mendapatkan harga 25 ribu hingga 35 ribu dan sangat jauh dari HET,” bebernya.  (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru