Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Kabupaten Kotawaringnin Barat Siapkan Rp 3,12 Miliar untuk Pikades Serentak

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 31 Mei 2019 - 18:56 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemilihan Kepala Desa Serentak akan digelar September 2019 mendatang. Terkait itu, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat mengalokasikan dana sebesar Rp 3,12 miliar untuk 45 desa yang melaksanakan pilkades.

Kasubbag Otonomi Daerah Kotawaringin Barat, Eni Lestari mengatakan, pilkades diselenggarakan dengan menggunakan dana APBD. Sisanya ditanggung pemerintah desa.

"Adapun yang ditanggung pemerintah desa itu terkait kebutuhan pada pemungutan suara saja. Dana (APBD) tersebut untuk kebutuhan seluruh tahapan pilkades dari awal pembentukan panitia pilkades sampai pelantikan kades terpilih nantinya," kata Eni Lestari, Jumat, 31 Mei 2019.

Sejak dibukanya pendaftaran hingga saat ini, ada 192 pendaftar sebagai bakal calon kepala desa dari 45 desa. di desa tersebut pendaftar lebih dari 5 orang, maka akan diadakan seleksi tambahan pada 9 - 13 Juli 2019.

Sudah ada beberapa desa yang sudah ditetapkan calonnya, yaitu desa yang pendaftarnya lebih dari dua dan kurang dari 5 orang. 

Proses tahapan pelaksanaan pilkades serentak saat ini pada masa perpanjangan pendaftaran. Sebab ada desa yang hanya memilih calon tunggal.

"Di desa tersebut peminatnya sepertinya kurang, padahal sudah kami sosialisasikan dan umumkan. Mungkin karena tantangan sekarang menjadi kades cukup berat ya. Tuntutan terhadap kulaifikasi kemampuan dan lain sebagainnya, mungkin ada yang merasa tidak sanggup," kata dia.

Besok, Sabtu, 1 Juni 2019. Merupakan hari terakhir penetapan daftar pemilih tetap (DPT) pilkades serentak. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru