48 Warga Kotawaringin Barat Ikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi

  • Oleh Wahyu Krida
  • 20 Juni 2019 - 15:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sebanyak 48 peserta dari 4 kecamatan di Kabupaten Kotawaringin Barat sejak Selasa, 18 Juni 2019 mengikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi di Balai Latihan Kerja (BLK).

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kotawaringin Barat, Gusti Nur Aini, Kamis, 20 Juni 2019 menjelaskan tujuan pelatihan yang merupakan upaya menekan angka pengangguran terbuka.

"Jenis pelatihan kejuruan yang diberikan pada para peserta yaitu kejuruan teknik listrik,  processing III dan menjahit dasar II," jelasnya.

Ada perbedaan lama waktu pelatihan pada setiap kejuruan. "Pelatihan kejuruan processing III selama 10 hari, menjahit II selama 60 hari," sebutnya.

Kemudian latihan teknik listrik selama 30 hari. Komposisi materi yang diberikan yaitu 90 persne kompetensi keahlian dan materi penunjang yaitu motivasi kerja, kewirausahaan dan K3 sebesar  10 persen. 

Dia berharap berpesan lulusan BLK ini bisa bersaing dan diserap oleh pasar kerja di samping dapat mengurangi angka pengangguran terbuka di Kobar.

“Program peningkatan pelatihan sumberdaya manusia dari Kementerian Ketenagakerjaan, berupa pelatihan berbasis kompetensi ini tidak hanya diperuntukkan bagi pencari kerja saja. Namun juga bagiaparatur sipilnya. Wujudnya yaitu revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi di Indonesia,“  pungkasnya. (WAHYU KRIDA/B-6)

Berita Terbaru