Polres Kotawaringin Timur Akan Tindak Tegas Pelaku Pembakar Hutan dan Lahan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 05 Juli 2019 - 13:58 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kapolres Kotawaringin Timur (Kotim) AKBP Mohammad Rommel, menegaskan, pihaknya tidak akan segan-segan ataupun main-main terhadap para pelaku pembakar hutan dan lahan (Karhutla) secara sengaja. Pihaknya akan menindak tegas sesuai hukum yang berlaku.

"Akan kami tindak tegas pelaku pembakar lahan jika dilakukan secara sengaja. Karena kami tidak akan main-main terkait hal tersebut," ujar Romel, Jumat, 5 Juli 2019.

Pihaknya akan siap menjalankan proses hukum bagi pelaku pembakar lahan. Hal itu karena dampak dari perbuatan tersebut sangatlah besar kepada masyarakat di daerah ini, baik itu terkait kesehatan, bahkan kelangsungan perekonomian di Kotim ini.

"Kami tidak ingin kebakaran lahan semakin banyak dan meluas. Karena hal itu bisa membuat munculnya kabut asap hingga berdampak pada kesehatan masyarakat daerah ini," kata Romel.

Dengan adanya hal itu, dirinya berharap kepada masyarakat agar sama-sama menjaga lahan mereka agar tidak terbakar. Hal itu tentunya akan berdampak pada diri sendiri dan juga orang lain. 

Saat ini di Kotim sudah ditingkatkan dari status waspada menjadi siaga kebakaran hutan dan lahan. Karena pada Juli 2019 ini sudah memasuki musim kemarau. Bahkan titik hostpot juga sudah terpantau di beberapa daerah. 

Sementara itu, Polres Kotim sudah menangkap seorang pembakar lahan di Desa Handil Sohor, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Kotim. Dan saat ini masih dalam proses penyelidikan lebih lanjut. (MUHAMMAD HAMIM/B-2)

Berita Terbaru