Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peserta Peda KTNA dari Sukamara Adalah Petani Berprestasi 

  • Oleh Norhasanah
  • 06 Juli 2019 - 15:46 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNI) Kabupaten Sukamara, Suparman mengatakan, peserta yang dibawa dalam kegiatan Pekan Daerah (Peda) ke XII Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) adalah petani dan nelayan yang berprestasi.

"Dalam acara Peda KTNA ini, ada seminar dan diskusi, tukar pendapat dengan kelompok-kelompok andalan dari daerah lain, jadi saling tukar pikiran dan pengalaman serta adu prestasi sehingga yang kami bawa ini adalah petani-petani yang dianggap memiliki prestasi lebih," terang Suparman, Sabtu, 6 Juli 2019.

Suparman mejelaskan, dibawanya petani yang memang memahami bidang karena pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan lomba mengenai keterampilan para petani. Salah satunya kelihaian dalam penggunaan alsintan.

"Selain memang untuk ikut berlomba, mereka ini juga bisa menyampaikan pengalaman-pengalaman mereka dalam bertani, baik dalam pengelolaan pertanian, pangan, perikanan dan sebagainya," ujarnya.

Ketua KTNA Sukamara melanjutkan, kegiatan pesta petani itu juga mempertandingkan beberapa kegiatan seperti perlombaan kesenian, keterampilan memilih benih yang bagus, membedakan bibit ikan yang jantan dan betina, membedakan jenis bebek betina dan jantan, cara mencangkok tanaman yang benar.

"Selain itu juga diperlombakan bagaimana cara menyuluh yang benar, jadi para penyuluh-punyuluh juga ditanding, ini adalah ajang pestanya petani yang ada di Kalimantan Tengah," tutur Suparman. (NORHASANAH/B-2)

Berita Terbaru