Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Kasongan Mulai Kembangkan Jambu Kristal

  • Oleh Abdul Gofur
  • 08 Juli 2019 - 17:56 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sejumlah warga Kasongan Kabupaten Katingan saat ini mulai membudidayakan tanaman jambu kristal. Selain rasanya enak dan manis, jambu kristal ini juga dinilai memiliki prospek ekonomi.

Warga yang membudidayakannya pun mulai bermunculan. Selain memanfaatkan halaman dan pekarangan rumah, tidak sedikit warga yang memiliki lahan khusus dengan cukup luas.

Salah satunya Warsidi yang menanam 400 pohon jambu kristal. Selama ini dia menanam di lahan milik orang lain, belakang gardu induk PLN Kasongan. Dan hasilnya, dibagi dua dengan pemilik lahan.

"Kemarin itu hasilnya lumayan. Sebab dalam jangka 3 bulan bisa mendapatkan puluhan juta rupiah," kata Warsidi, Senin, 8 Juli 2019.

Namun, akhir-akhir ini tanaman jambu kristal kurang mendapatkan perawatan sehingga produksinya turun. Penyebabnya, kekurangan tenaga. Sebab selain merawat jambu kristal, dia juga bercocok tanaman sayur mayur.

"Kami tidak sempat membungkus buah jambu kristal itu, sehingga dihinggapi hama. Akibatnya buah rusak. Kalau dibungkus biasanya bagus," katanya.

Menurut Warsidi jambu kristal memiliki kelebihan dibanding jambu biji. Sebab selai memiliki daging tebal, jambu kristal juga memiliki biji yang kecil.

Sementara itu di Pasar Kasongan dan Kereng Pangi, sejumlah pedagang menjual jambu kristal ini rata-rata Rp 35 ribu per kilogramnya.

"Harga jambu kristal Rp 35 ribu per kilo gramnya, tapi kadang sempat kosong. Ini saja didatangkan dari Palangkaraya," tutur Mia, pedagang buah di Pasar Kasongan. (ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru