Ini Langkah Kecamatan Teluk Sampit Atasi Kasus Stunting di Dua Desa

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 15 Juli 2019 - 17:36 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dua desa di Kecamatan Teluk Sampit masuk dalam locus stunting. Hal itupun menjadi perhatian serius bagi pemerintahan kecamatan. Terkait itu, ada sejumlah langkah dan program untuk menangani permasalahan tersebut.

"Kami akan segera melakukan penanganan terhadap stunting ini. Apalagi 2 desa kami masuk dalam locus stunting," kata Camat Teluk Sampit, Juliansyah, Senin, 15 Juli 2019. 

Dua desa itu yakni Lampuyang, dan Ujung Pandaran. Camat pun memerintahkan kepala desa setempat agar menganggarkan penanganan stunting. 

Penanganan pertama yakni untuk memberikan penambahan gizi makanan anak, sesuai dengan syarat gizi yang ditetapkan. Sehingga angka stunting di desa tersebut bisa menurun. 

"Nantinya program itu tidak dilakukan di 2 desa itu saja, namun seluruh desa di Kecamatan Teluk Sampit ini," kata Juliansyah. 

Selain itu, pihaknya juga meminta desa menganggarkan pembangunan toilet di daratan bukan di sungai lagi. Agar sistem sanitasi masyarakat bisa berjalan baik. Sebab, sungai masih digunakan untuk mandi cuci masyarakat di daerah tersebut. 

"Begitu juga dengan tandon air kami minta di anggarkan melalui dana desa. Agar, dapat menyimpan air bersih saat kemarau tiba," terang Juliansyah. (MUHAMMAD HAMIM/B-11) 

Berita Terbaru