Supian Hadi Serap Aspirasi Petani Rotan di Dusun Teluk Tiwah

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 23 Juli 2019 - 23:52 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Supian Hadi melakukan kunjungan kerja ke Dusun Teluk Tiwah, Desa Luwuk Bunter, Kecamatan Cempaga. 

Hal itu dilakukan ssbagai upaya untuk menyerap aspirasi petani rotan yang ada di daerah tersebut, Senin, 23 Juli 2019. 

"Hari ini kami juga melakukan kunjungan kerja ke Dusun Teluk Tiwah. Ternyata banyak di sini warga yang melakukan pembersihan rotan sehingga kami langsung bertemu dengan pekerja dan petani rotan di dusun ini," ujar Supian.

Dari pertemuan dirinya dengan petani dan juga pekerja rotan di dusun tersebut, mereka masih mengeluhkan rendahnya harga rotan saat ini. Bahkan, tidak mengalami kenaikan sejak adanya larangan ekspor mentah ke luar negeri beberapa tahun lalu. 

"Jadi saat ini harga rotan masih rendah, dan itu juga menjadi perhatian kami," kata Supian. 

Saat pemerintah pusat masih mengatur regulasi terkait larangan ekspor bahan mentah tersebut. Karena dengan adanya hal itu, berimbas langsung dengan harga jual rotan yang rendah. 

Dengan adanya hal itu, Supian hanya berharap agar ada trobosan baru dari pemerintah pusat terkait hal ini. Sehingga petani rotan di Kotim bisa lebih meningkat pendapatan mereka. 

"Mudah-mudahan ada kebijakan baru dari pemerintah pusat, sehingga harga rotan di Kotim bisa kembali meningkat," harap Supian. (MUHAMMAD HAMIM/B-2)

Berita Terbaru