Warga Jalan Tartar Temukan Ular Sanca Bertelur di Rumah Kosong

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 31 Juli 2019 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Warga Jalan Tartar, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) digegerkan pemuan ular sanca yang bertelur di rumah kosong.

Selain geger, warga juga khawatir menjadi sasaran serangan ular tersebut. 

Penemuan ular sanca tersebut sempat viral di media sosial Facebook. Karena peristiwa seperti ini sangat jarang terjadi. Apalagi di permukiman warga.

Terkait penemuan itu, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit  mengimbau masyarakat selalu waspada. Warga juga diimbau lebih baik membuang ular itu ke hutan atau dilumpuhkan jika menyerang manusia.

"Kalau menemukannya, lebih baik dibuang ke hutan atau dilumpuhkan saja jika memang berpotensi menyerang manusia," ujar Muriansyah, petugas BKSDA Pos Jaga Sampit, Rabu, 31 Juli 2019. 

Sanca sendiri merupakan jenis ular yang tidak dilindungi. Namun, tentunya cukup membahayakan bagi manusia meski tidak memiliki bisa atau racun. Hal itulah yang harus diwaspadai. Jangan sampai ada warga yang menjadi korban. 

"Jika melihat lebih baik hindari dan jika berani ditangkap. Agar tidak ada yang menjadi korban," kata Muriansyah. (MUHAMMAD HAMIM/B-3)

Berita Terbaru