Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

80 Persen Statistik Barito Utara Merupakan Data Sektoral

  • Oleh Ramadani
  • 31 Juli 2019 - 20:16 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Kepala Bidang lntegrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik, BPS Provinsi Kalimantan Tengah, Muhammad Said, menyampaikan bahwa 80 persen data yang tersaji pada Barito Utara dalam angka tahun 2019, merupakan data sektoral. Yakni data yang dikumpulkan dari setiap instansi.

Maka dari itu, kata dia, data yang disampaikan oleh sektoral diharapkan merupakan data resmi dari instansi tersebut.

"Publikasi ini merupakan data yang paling dicari oleh pengunjung Pelayanan Statistik Terpadu dan paling sering diunduh oleh pengunjung website barutkab.bps.go.id," tutur M Said, Rabu, 31 Juli 2019.

Data tersebut, lanjut dia,  dianggap penting, terlebih saat ini telah terbit Perpres No 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

Hal itu merupakan kebijakan tentang tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses, dan dibagi pakaikan antara instansi pusat dan instansi daerah, melalui pemenuhan Standar Data, Metadata, Interoperabilitas Data, dan menggunakan Kode Referensi serta Data Induk.

"Satu Data Indonesia ini bertujuan salah satunya dapat memberikan acuan pelaksanaan dan pedoman bagi instansi pusat dan daerah dalam rangka penyelenggaraan tata kelola data untuk mendukung perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan," ucap M Said lagi. 

Ia juga menyampaikan bahwa data ini sebagai wujud mendorong keterbukaan dan transparansi data. Sehingga tercipta perencanaan dan perumusan kebijakan pembangunan yang berbasis pada data. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru