Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kotawaringin Timur Dapat Bantuan 2 Helikopter Water Bombing

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 01 Agustus 2019 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Mengatasi kebakaran hutan dan lahan yang terus meluas, Tim Satuan Tugas atau Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Kabupaten Kotawaringin Timur mendapatkan bantuan 2 unit helikopter water bombing.

Bantuan itu berasal dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat.

"Alhamdulillah kami kedatangan 2 buah helikopter water bombing untuk membantu satgas darat," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim M Yusup, Kamis, 1 Juli 2019. 

Helikopter tersebut akan berada di Sampit hingga waktu yang tidak ditentukan. Selama masih terjadinya kebakaran lahan di Kotim dan Kabupaten Seruyan, maka helikopter pengebom air tersebut akan terus disiagakan.

Saat ini kebakaran lahan gambut di Kotim kian meluas. Bahkan pemadaman yang dilakukan oleh Satgas Karhutla darat belum cukup efektif. Karena titik api berada jauh dan susah dijangkau. 

"Kami terus berupaya melakukan pemadaman melalui jalur darat, namun hanya sekitar 40% daei 100 hektare lahan terbakar yang bisa kami padamkan. Sehingga helikopter water bombing ini sangatlah diperlukan," terang Yusup.

Dengan adanya bantuan pemadaman melalui udara ini, pihaknya berharap kebakaran lahan di Kotim bisa teratasi. Terutama di daerah yang saat ini masih terjadi kebakaran di antaranya Kecamatan Teluk Sampit, Mentaya Hilir Selatan, Mentaya Hilir Utara, dan Kecamatan Mentawa Baru Ketapang. (MUHAMMAD HAMIM/B-3)

Berita Terbaru