Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kualitas Bansos Beras Sejahtera Layak Konsumsi

  • Oleh Uriutu
  • 02 Agustus 2019 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Kualitas Bantuan Sosial Beras Sejahtera  atau Rastra  yang akan disalurkan di Barito Selatan bagus dan layak konsumsi. Demikian disampaikan Kabag Perekonomian Setda Barsel, Mirwansyah kepada Borneonews usai melakukan pengecekan di Kansilog Bulog Buntok. Jumat, 2 Agustus 2019.

“Berdasarkan hasil pengecekan, kualitas beras medium yang akan disalurkan bagus dan layak untuk dikonsumsi,” kata Mirwansya.

Ia mengatakan, pengecekan beras ini dilakukan pihaknya sebelum beras bantuan sosial (Bansos) tersebut disalurkan sehingga tidak ada komplain di lapangan. 

“Kalau komplain boleh saja, karena siapa tahu pada saat pengangkutan di pelabuhan berasnya terjatuh ke air sehingga basah dan akhirnya tidak layak. Bila kejadiannya seperti itu boleh komplain asalkan tidak lebih dari 2X24 jam,” ucap dia. 

Sekali lagi, lanjut dia, bahwa beras yang akan disalurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di wilayah setempat layak untuk dikonsumsi. 

Ia membeberkan, adapun jumlah KPM di Barsel yang menerima bantuan sosial beras sejahtera tercatat sebanyak 3.121 KPM.

Dengan rincian, untuk jumlah keluarga prasejahtera yang menerima bantuan di Kecamatan Karau Kuala sebanyak 589 KPM, Kecamatan Jenamas sebanyak 158 KPM. 

Sedangkan penerima untuk Dusun Hilir sebanyak 596 KPM, Gunung Bintang Awai sebanyak 502 KPM, dan Kecamatan Dusun Selatan sebanyak 758 KPM. 

Penyalurannya, lanjut dia, dilakukan setiap empat bulan sekali dan setiap KPM akan mendapatkan 10 kilogram per bulannya. 

“Bansos rastra yang diterima setiap KPM itu tidak dipungut biaya tebus alias gratis,” ucap dia.  (URIUTU DJAPER/B-2)

Berita Terbaru