Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD Kapuas Terus Waspadai Karhutla Setelah Musim Panen Padi

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 03 Agustus 2019 - 16:52 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Kapuas terus mewaspadai terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Terutama setelah musim panen padi di wilayah setempat.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kapuas Panahatan Sinaga mengatakan, bahwa itu perlu jadi perhatian, karena saat ini sudah masuk tahap panen padi di sawah, mengingat sisa-sisa batang padi dan lainnya itu mudah terbakar juga.

"Dalam beberapa minggu ke depan ini kita waspadai karena sudah masuk bulan Agustus. Biasanya para petani sudah selesai memanen padi di sawahnya," ucap Sinaga, Sabtu, 3 Agustus 2019.

Untuk itulah, pihaknya bersama lintas sektoral akan mengoptimalkan pencegahan agar tidak terjadi karhutla setelah musim panen padi nanti, dengan melakukan pendekatan langsung kepada masyarakat.

"Setelah selesai panen padi itu rawan terjadi karhutla. Sehingga rekan-rekan di lapangan memberikan imbauan agar menghindari membakar hutan dan lahan, karena itu kita fokus pada pencegahan," katanya.

“Karena selesai panen padi itu rawan sekali terjadinya kebakaran lahan. Makanya teman-teman kita di lapangan membuat imbauan supaya menghindari membakar lahan dan hutan. Jadi, kita focus upaya pencegahan,” ujarnya. 

Selain itu, dia menyebutkan sejumlah wilayah yang rawan terjadinya karhutla, sehingga perlu perhatian dari semua pihak dalam mencegahnya.

"Setiap kecamatan hingga desa itu da tingkat kerawanannya. Tetapi untuk yang paling kita waspadai itu di antaranya Kecamatan Dadahup, Mantangai dan Kapuas Murung," ucapnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-2)

Berita Terbaru