Damkar Sukamara Harapkan Penambahan Petugas dan Fasilitas

  • Oleh Norhasanah
  • 09 Agustus 2019 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP-Damkar) Sukamara, Iwan Miraza, berharap ada penambahan petugas dan fasilitas untuk memaksimalkan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Sukamara .

"Mudah-mudahan untuk tahun depan ada tambahan untuk  fasilitas penunjang dan pegawai pemadam kebakaran," harap Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP-Damkar) Sukamara, Iwan Miraza, Jumat, 9 Agustus 2019.

Menurut Iwan, saat ini jumlah mobil pemadam kebakaran yang dimiliki ada empat unit, dan dua unit mobil patroli yang salah satunya diisi degan mesin portabel apung dan darat. Sehingga saat dibutuhkannya air bisa digunakan untuk mengisi ketersedian air.

"Mobil patroli ini selalu siap untuk membatu, karena kita ada mesin apun yang bisa digunakan untuk mendapatkan sumber air," ujarnya

Sementara untuk jumlah petugas pemadam kebakaran hanya berjumlah 33 orang, yang terdirindari 32 prang berstatus Pegawai Tidak Tetap (PTT) dan satu orang Pegawai Negeri Sipil (PNS).

"Sekabupaten se Kalteng ini, kelas Damkar hanya daerah kita saja setingkat kasi, sedangkan kabupaten lainnya minimal kabid, bahkan ada yang dinas," tuturnya.

Mekipun begitu, Iwan Miraza menegaskan, petugas pemadam kebakaran akan berkerja semaksimal mungkin untuk mengatasi bencana kebakaran hutan dan lahan. Saat ini setiap kasus yang terjadi selalu berhasil diatasi.

"Insya Allah kita bekerja dengan semangat dan optimal. Saat ada laporan langsung kita tindak lanjuti sehingga kenapa ada petugas kami yang tidak memakai seragam saat berada di lapangan, karena petugas yang tidak piket saat ada kasus juga kami hubungi untuk membatu petugas yang sedang piket," ucap Iwan Miraza. (NORHASANAH/B-2)

Berita Terbaru