Satpol PP Barito Utara Gelar Operasi Simpatik Imbau Pedagang

  • Oleh Ramadani
  • 13 Agustus 2019 - 19:42 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Personel Satpol PP Barito Utara melaksanakan operasi simpatik dengan sasaran pedagang. Tujuannya, memberikan imbauan kepada pedagang yang menggelar lapak jualannya di atas trotoar.

Seperti yang terlihat pada Selasa, 13 Agustus 2019. Personel Satpol PP Barito Utara menyasar pedagang kaki lima di sepanjang Jalan Sengaji Hulu, Sengaji Hilir, hingga Pasar Ipu Jalan Mangkuk Sari,

Pedagang dikagetkan dengan kedatangan puluhan personel Satpol PP tersebut. Namun, kali ini, petugas tidak langsung melakukan penertiban. Tetapi hanya memberikan imbauan sesuai operasi simpatik.

Kepala Satpol PP Barito Utara, Aprin  S Bahan menerangkan, operasi simpatik merupakan langkah persuasif kepada pedagang kaki lima yakni. Berupa pendekatan untuk memberikan pemahaman kepada pedagang, agar sadar jika perbuatannya menyalahi aturan.

"Kita contohkan bahaya berjualan di trotoar karena mengganggu. Ini perlu disadari para pedagang kaki lima. Sehingga, ke depan tidak ada lagi dagangan di atas trotoar,” terangnya.

Demikian pula dengan pejalan kaki yang kehilangan haknya menggunakan trotoar, karena tertutup lapak pedagang.

“Kami juga menyosialisasikan perda tentang pengaturan PKL secara langsung kepada pedagang saat operasi simpatik,” katanya.

Dia menjelaskan, pelaksanaan operasi simpatik ini akan dilakukan secara terus menerus hingga pedagang paham dan sadar aturan. (RAMADHANI/B-11)

Berita Terbaru