Punggualas Katingan Dinilai Miliki Peluang Wisata Bagus di Era Industri

  • Oleh Abdul Gofur
  • 13 Agustus 2019 - 21:46 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Punggualas di wilayah Kecamatan Kamipang Kabupaten Katingan yang sejauh ini direncanakan sebagai tempat wisata dinilai memiliki peluang wisata bagus diera industri saat ini.

Penilaian ini diungkapkan Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Sebangau Wilayah III Katingan, Perie Ariesandi, Selasa, 13 Agustus 2019.

Beberapa hari yang lalu pihaknya bersama intansi terkait termasuk pelaku usaha mengadakan pertemuan perencanaan wisata Punggualas di kantor Seksi Pengelolaan Taman Nasional Sebangau Wilayah III Katingan di Kasongan.

Saat ini Indonesia telah memasuki era industry 4,0 yang ditandai serba digitalisasinya dunia. Guna menghadapi era tersebut perlu sinergi semua pihak dalam mendukung dunia pariwisata di era 4,0.

"Punggualas merupakan daerah yang memiliki peluang wisata yang bisa dipersiapkan guna menjawab tantangan era industri 4.0 ," ujarnya.

Areal Punggualas berada di kawasan TN Sebangau wilayah III Katingan tepatnya di wilayah Kecamatan Kamipang.

Selain Kepala Desa Jahanjang dan Kepala Desa Karuing, dalam pertemuan itu juga hadir perwakilan Dinas Pemuda, Olahraga Budaya dan Pariwisata, bagian SDA dan Ekonomi Setda Katingan WWF Indonesia Kalimantan Tengah dan Balai Taman Nasional Sebangau.

"Di mana dari hasil pertemuan itu diantaranya disepakati perlu ditetapkan paket wisaya yang jelas karena Punggualas yang diperkenalkan adalah pengamatan satwa liar seperti orangutan," ujarnya. Sejauh ini untuk pengembangan Punggualas, ada dukungan pembangunan dermaga di muara Punggualas," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru